Analisis Pengaruh Persepsi Faktor Manajemen Kebidanan Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Bidan di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Makkasau Parepare

Rahmatang *

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  tingkat kepuasan  perawat perawat  perawat di RSUD Andi Makkasau Pare Pare. Penelitian observasional adalah metode survei dan pendekatan cross sectional. Penelitian  instrumen  menggunakan kuesioner kepada 127 perawat di rumah sakit rawat inap Andi Makkasau Parepare mengenai kepemimpinan, insentif, kondisi kerja, peluang promosi, pengawasan dan  kepuasan. Data dianalisis secara kuantitatif dengan univariat, bivariat dengan analisis chi square dan multivariat dengan uji regresi logistik.
    Penelitian ini dilakukan di rumah sakit Andi Makkasau Parepare dimulai pada tanggal 1 Desember 2017 sampai 31 Januari 2017. Hasilnya menunjukkan persentase persepsi yang tinggi terhadap kepemimpinan yang baik (66,9%), insentif yang baik (53,5%), peluang promosi yang lebih baik (78 %), Pengawasan yang baik (70,1%) dan kepuasan kerja terpenuhi (52,0%) serta persepsi kondisi kerja tidak baik (56,7%).
    Studi tersebut  menyatakan  ada  hubungan  antara  kepemimpinan, insentif,  peluang  promosi, dan  pengawasan serta kondisi kerja pada kepuasan. Analisis multivariat tidak menunjukkan pengaruh kepemimpinan (Exp β: 2.181), insentif (Exp β: 2.685), ingkungan kondisi kerja (Exp β: 2.127), promosi (Exp β: 2.758) dan pengawasan (Exp β: 2.123) terhadap perawat yang puas diri kerja.


Keywords


Perawat; manajemen keperawatan; kepuasan

Full Text:

PDF

References


Aditama TY. 2000. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: Penerbit UI.

Azwar, A. 2007. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan masalah. Jakarta: Pustaka sinar harapan.

Bidan Perencanaan dan Pengembangan. 2010. Profil RSUD Andi Makkasau Parepare.

Danfar. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. [serial online]. http://dansite.wordpress.com/2017/04/10/pengaruh-kepuasan-kerja-terhadap-kinerja-karyawan/

Departemen Kesehatan RI. 2006. Petunjuk Pelaksanaan Penetapan Indikator Menuju Indonesia Sehat 2010. Jakarta.

Hasibuan, SP. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hastuti, Apriyani Puji. 2011. Konsep Dasar Manajemen Kebidanan. [serial online]. https://apriyanipujihastuti.wordpress.com/2012/07/09/konsep-dasar-manajemen-kebidanan.

Irawan, U. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelangga. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Kusumapraja, R. 2007. Perencanaan kebutuhan tenaga bidan di RS, Majalah manajemen kebidanan. Jakarta: RSUP Persahabatan. hlm.1 (unpublisher).

Lumenta, B. 1989. Hospital Citra, Peran dan Fungsi Yogyakarta. Penerbit kanisius.

Mayasari, Agustina. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Faktor Manajemen Kebidanan terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Bidan di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Semarang [Skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro, Administrasi.

Notoadmojo, Soekidjo. 2005. Metode Penelitian Kesehatan (rev ed). Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2007. Manajemen Kebidanan: Aplikasi Dalam Praktek Kebidanan Kebidanan Profesional. edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Sitorus, Ratna. 2006. Model Praktek Kebidanan Profesional di Rumah sakit. Jakarta: EGC.

Suharsimi, Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijono M.S. Djoko. 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan: Teori Strategi dan Aplikasi. Surabaya: Airlangga University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.