FENOMENA DEPRESI LANJUT USIA

Bahriah Bahriah

Sari


Buku ini merupakan hasil elaborasi dengan pengalaman konkrit penulis selama mendampingi para lanjut usia, sehingga dapat menjadi referensi yang faktual bagi para pembaca. Topik yang dibahas, merupakan topik yang populer dan atau fenomenal di kalangan masyarakat, terutama di kalangan orang Lanjut Usia. Persoalan Depresi menjadi permasalahan yang kerap dihadapi oleh para Lanjut usia, khususnya di puncak usia yang mereka jalani, dimana mereka sudah semakin banyak terbatas dalam berbagai aktifitas hidup. Pengalaman pergumulan tersebut kemudian menarik perhatian Penulis untuk lebih mendalami latar belakang, indikator, dampak serta gambaran umum kondisi Lanjut Usia ketika berhadapan dengan masalah depresi.
Buku ini tidak hanya menyajikan persoalan depresi, tetapi juga memberikan sejumlah rekomendasi bagi para pembaca, terutama para pemerhati masalah lanjut usia, terutama dewasa ini, dimana semakin tinggi masyarakat usia lanjut, yang nyaris beriringan dengan perkembangan usia produktif. Sehingga buku ini menjadi populer dan relevan dengan konteks situasi kekinian.


Kata Kunci


Fenomena Lansia, Depressi, Lanjut Usia, Gerontik, Keperawatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, M. A. (2016). Perbandingan Tingkat Depresi Antara Mahasiswa Yang Tinggal Dengan Orang Tua Dang Tinggal Sendiri Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah.

Bantulkab. (2010). Hari Lansia Kabupaten Bantul Diperingati, Karakteristik Lansia Berpengaruh Pada Perencanaan Pembangunan. Diakses tanggal 25 Oktober 2017. http://bantulkab.go.id/berita/816.html

Bappenas. (2014). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2017. http://bappenas.go.id

BPS. (2017). Rata-Rata Angka Harapan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan. Diakses tanggal 25 Oktober 2017. http://bappenas.go.id

Dahlan, M. S. (2015). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan Ed.6. Jakarta Pusat: Epidemiologi Indonesia.

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Dharmono, S. (2017). Waspadai Depresi pada Lansia. Diakses pada 28 Oktober 2017. http://psikologi.infogue.com/waspadai_depresi_pada_lansia.

Henuhili, S. (2004). Proporsi Gangguan Mental Pada Lanjut Usia Yang Tinggal di Sasana Wreda Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan Cibibur. Tesis (tidak diterbitkan). Jakarta: Universitas Indonesia.

Kusbaryanto., Narulita. R. (2009). Perbedaan Tingkat Depresi antara Lansia yang Memiliki Keluarga dengan Lansia yang Tidak Memiliki Keluarga. Jurnal. Mutiara Medika. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah.

Netralnews. (2017). Usia Harapan hidup di Sul-Sel Meningkat. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2017. http://netralnews.com/news

Nevid, J. S., Rathus, S. A. & Green B. (2005). Psikologi Abnormal. Edisi Kelima, Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, S. (2008). Keperawatan Gerontik & Geriatrik Ed. 3. Jakarta: EGC.

Nurcahya, D. B. (2012). Perbedaan Tingkat Depresi Antara Lansia Yang Tinggal Bersama Keluarga Di Dusun Diro Dengan Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Budi Luhur. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Nuryanti, T. (2012) Hubungan Perubahan Peran Diridengan Tingkat Depresi pada Lansia yang Tinggal di UPT PSLU Pasuruan, Babat Lamongan. [internet] diakses 28 Oktober 2017. http://journal.unair.ac.id/fTitikN.pdf.

Padila. (2013). Buku Ajar Keperawatan Gerontik (I). Yogyakarta: Nuha Medika.

Saputri, M. A.W., Indrawati, E. S. (2011). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Depresi Pada Lanjut Usia Yang Tinggal Di Panti Wreda Wening Wardoyo Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip Vol. 9. No.1. April 2011

Sastroasmoro, S., Ismael, S. (2014). Dasar-Dasar metodologi Penelitian Klinis Ed.5. Jakarta: Sagung Seto

Setiawati, S., Dermawan, A. G. (2008). Penuntun Praktis Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: Trans Info Media.

Subijanto. (2011). Pembinaan Posyandu Lansia Guna Pelayanan Kesehatan Lansia. Jakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wulandari, A. F. (2011). Keja dian Tingkat Depresi Pada Lnjut Usia: Studi Perbandingan di Panti dan Komunitas (tidak diterbitkan). Semarang. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Yosep, I. (2009). Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.

Yuliati, A., Baroya, N., Ririanty, M. (2014). Perbedaan Kualitas Hidup Lansia Yang Tinggal di Komunitas Dengan Pelayanan Sosial Lanjut Usia. e-Jurnal Pustaka Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Univesitas Jember.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.