KEPERAWATAN KESEHATAN KOMUNITAS

Bahriah Bahriah, Mery Kana, Heni Selvia, Evi Nurmaisa Biduri

Sari


Seiring dengan berkembangnya periodisasi dari tahun ke tahun, layanan keperawatan terlebih khusus keperawatan komunitas terus mengalami peningkatan ataupun modifikasi. Bentuk layanan tersebut selalu berfokus pada promotif, preventif tanpa mengabaikan tindakan kuratif dan rehabilitative. Fenomena ini sesuai dengan peran dan tanggung jawab utama keperawatan komunitas, yaitu menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui tindakan intervensi dengan pendekatan pencegahan. Era modern saat ini memiliki dampak besar pada kualitas hidup Masyarakat khusus pada remaja yang memerlukan pendampingan perawat ataupun orang tua terutama dalam hal kesehatan.
Berbagai hal dapat terjadi pada remaja jika perubahan yang terdapat pada remaja secara holistik tidak mampu untuk diadaptasikan oleh remaja itu sendiri. Dampak yang dapat terjadi diantaranya, remaja mencoba untuk merokok, miras bahkan sampai pada perilaku seksual berisiko. Perawat komunitas diharapkan mampu serta memiliki kompetensi yang baik untuk beradaptasi dengan kecenderungan yang terjadi dimasyarakat khususnya pada kelompok remaja. Oleh karena itu penggunaan buku referensi ini sangat penting dikarenakan dapat membantu mahasiswa untuk belajar dan memahami dengan jelas berkaitan dengan teori dan aplikasi asuhan keperawatan Komunitas pada agregat remaja.


Kata Kunci


Keperawatan, Kesehatan, Komunitas, Kesehatan Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyanto Ayupir dkk (2022). Keperawatan komunitas. Media Sains Indonesia. Bandung

Fatwa Imelda, Heru Santosa, & Mula Tarigan (2022). Pengelolaan Asuhan Keperawatan Di Komunitas dengan Kasus Diabetes Melitus, Kolesterol dan Asam Urat. Media Sains Indonesia. Bandung

Sukardin, dkk (2023). Keperawatan Komunitas Gerontik dan Transkultural. Media Sains Indonesia. Bandung

Valen Fridolin Simak dan Septriani Renteng (…….); Keperawatan Komunitas 2 : Konsep Asuhan Keperawatan Komunitas; Penerbit Tohar Media.

Konsep Dasar Keperawatan Komunitas; Dian Yuniar.,dkk, 2022; Yayasan Kita Menulis; Jakarta

Debby Sinthania, dkk (2022); Ilmu Keperawatan Komunitas dan Keluarga; Dotplus Publisher; Riau

Konsep Dasar Keperawatan Komunitas; Dian Yuniar.,dkk, 2022; Yayasan Kita Menulis; Jakarta

Wibowo Hanafi Ari Susanto, dkk (2022); Ilmu Keperawatan Komunitas dan Keluarga; PT. Global Eksekutif Teknologi. Sumatera Barat.

................................


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.